Jumat, 02 Juli 2010

Hari-hari memulai debut magang di KOMPAS MuDA

Hari 1 (28 Juni 2010)

Sudah seminggu lamanya setelah pemberitahuan informasi lowongan magang di KOMPAS MuDA di publikasikan, sudah 5 hari lamanya setelah gue dan teman-teman yang lain diizinkan untuk menjalani tes tahap selanjutnya sebagai calon magangers angkatan 2 yaitu tes wawancara, dan sudah 3 hari lamanya gue dan yang lainnya mengetahui pengumuman bahwa gue dan ke-29 teman baru gue diterima sebagai magangers angkatan 2 di KOMPAS MuDA dengan mengalahkan lebih dari 250 orang kompetitor lain.

Akhirnya hari ini datang juga, hari pertama gue dan kawan-kawan magang di KOMPAS MuDA, hal ini tentunya sesuatu yang sudah gue tunggu sejak lama, bahkan sejak pertama kali gue mulai menyukai dunia kebahasaan dan komunikasi. Pada hari itu gue mengawalinya dengan bangun lebih awal dan tentunya memiliki motivasi lebih banyak pada hari itu, seperti biasa gue bangun sekitar jam 5’an lah, ga lama kemudian setelah mandi, shalat dan sarapan gue cabut menuju sekolah pada pukul 6, setengah jam berlalu dan akhirnya gue sampe di lahan parkir sekolah gue, gue lihat sekeliling gue pada saat itu, sudah terdengar suara canda tawa para peserta SALAM 2010, yap betul hari ini merupakan hari pertama pemberangkatan para peserta SALAM 2010 menuju Anyer, ya meskipun gak bisa banyak bantu paling gak gue menolong teman-teman menyiapkan segalanyalah, waktu pun yang akhirnya menghentikan niat baik gue untuk berbuat baik terhadap kawan-kawan gue yang tengah sibuk mengerjakan hal-hal yang dibutuhkan selama SALAM 2010 yang direncanakan diselenggarakan selama 3 hari tersebut. Tepat pukul 7 pagi gue langsung cabut lagi buat berangkat ke gedung PT. Gramedia Nusantara, macet, pegel, bĂȘte selama perjalanan berangkat gue anggap sebagai hal baru yang gue rasain meskipun gue sudah beberapa kali melintasi kawasan jalan-jalan tersebut.

Di luar dugaan, sekitar pukul 8.30 gue sudah sampai di depan front office gedung tersebut. Langsung saja gue menuju ruang receptionist, bertemu dengan mbak2-mbak cantik di sana membuat semangatku bertambah, lalu mbak-mbak receptionist tersebut mengarahkan gue untuk menuju ke lift yang letaknya gak jauh dari meja receptionist, ya karena gue juga sudah biasa naik lantai 5 dengan lift tersebut saat interview dulu langsung saja deh gue masuk dan sampailah gue di depan pintu masuk lantai 5, eh gak taunya kartu pengunjung yang gue kenakan gak bisa di pakai sebagai alat masuk akses pintu gedung itu (maklum, perusahaan media cetak sekaliber KOMPAS memiliki sederet standarisasi keamanan untuk menjaga penampilan perusahaan tersebut), yauda deh gue nunggu saja di depan pintu sembari berharap ada orang/pegawai yang mau bukain pintunya he.he. Gak lama gue nunggu akhirnya bisa juga masuk lantaran ada orang juga yang tadi mau masuk (Alhamdulillah he.he). masuk ke markas besar perusahaan KOMPAS dengan tujuan ruang diklat KOMPAS di unit II bukan perkara mudah dan membuat gue sedikit deg-deg’an he.he maklum nantinya gue bakal ketemu orang-orang baru barai he.he. yauda setelah masuk ruangannya gue melihat orang-orang yang tampangnya satu dua gue kenal. Sekitar 10 menit gue diem-dieman karena masih pada kaku he.he, akhirnya ada juga yang beraniin dirinya untuk kenalan sama gue, namanya audi, orangnya sih cukup dewasa menurut gue pertama kali, pendiem, kritis dan sedikit aneh (he.he itu terlihat dari perilakunya saat itu). Melihat barisan di seberang kanan gue yang di dominasi oleh kaum hawa yang daritadi sibuk dengan obrolan mereka yang kelihatan sudah akrab itu meskipun baru kenal membuat gue juga ikut ngajakin ngobrol orang-orang yang sudah gue kenal di ruangan itu (Jadi tadi itu abis kenalan sama audi gue buka karakter asli gue yang suka SKSD dengan orang yang baru dikenal he.he).

Tepat pukul jam 9 kegiatan di mulai, kak amir, mbak cipi dan mbak doe pun memimpin para Magangers I yang diundang dalam pertemuan tersebut untuk bertegur sapa dengan junior mereka, memang acara pertama pada hari itu ialah sesi perkenalan Angkatan I Magangers KOMPAS MuDA yang dilanjutkan dengan perkenalan Angkatan II. Canda, tawa, serius bahkan deg-deg’an campur aduk pada saat itu di benak para Magangers II ha.ha. Gimana gak, ada loh yang dari Magangers I cerita kalo pada saat itu dia tengah mengerjai seniornya yaitu kelas XII SMA dengan topeng wartawan KOMPAS ha.ha padahal saat itu dia masih duduk di bangku kelas XI SMA teman-teman, sungguh gila cerita it. Ada lagi nih yang lucu tapi sedih juga sih yakni kk dari Magangers I yang gak dapet berita pas lagi terjun ngeliput kegiatan, dimarahin lah dia karena di tekan oleh deadline yang keburu (inilah dunia jurnalis yang penuh dengan kedisiplinan). Ada juga yang beneran nangis pas di tagih deadline oleh tim redaksi, dia sampai datang ke gedung kompas sambil memohon-mohon loh supaya di tolerir kesalahannya, sungguh kasihan. Lain lagi dengan magangers I, magangers II malah menceritakan hal-hal yang lucu, ada lah yang lagi berdiri di depan sembari memperkenalkan diri eh malah ngelawak, ha.ha gini nih ceritanya, saat itu ada senior yang nanya begini, “Status kamu apa?”, “Hah, status ya kak? Jawabnya. Hmm apa ya kak? Hmm status…lagi kebelet kak, maaf kak toilet dimana yak?”, ha.ha semua orang di ruangan itu langsung tertawa lepas dengan statement nilta (anak SMA N 8 Jakarta) tadi.

Sekitar 90 menit sesi perkenalan dihiasi dengan perasaan riang gembira, kami pun berpindah ke acara berikutnya, team building, acara ini merupakan games ketangkasan masing-masing magangers sekaligus sebagai media saling mengenalnya masing-masing dari kami. Seru juga loh games perkenalan yang diberikan oleh fasilitatornya, meski sudah tua, beliau masih “sanggup” bahkan bersemangat sekali bermain dengan kami. Beberapa games unik dan aneh yang belum kami coba sebelumnya sempat membuat beberapa orang dari kami kelabakan melakukannya, tapi beberapa games juga sering gue temui loh kalo gue mengikuti program kegiatan ldks dari sekolah, namun kelompok gue kalah, yaaaaaaaaaaaaaah……….

Yauda kita lupain sejenak kejadian jenaka nan seru di lapangan basket gedung KOMPAS tadi, sekarang, setelah makan siang kita masuk ke sesi yang lebih serius, yakni pendalaman materi sebagai seorang jurnalis guna bekal kami secara teori untuk terjun langsung ke lapangan nanti, bosen sih melakukannya, tapi banyak juga loh pengalaman atau pengetahuan baru yang gue dapet dari workshop tersebut, oh ya gue certain nih ya, banyak loh mudaers diantara magangers II yang malah ketiduran ketika menyimak presentasi dari tentor, ha.ha gue maklumin sih hal itu, karena kondisi saat itu pun mendukung banget, gimana gak, secara dari segi penerangan lampu yang redup, udara AC yang dingin ditambah isi perut yang penuh lantaran habis makan tadi (bayangin aja guys tadi itu kita makannya puas banget, ada nasi, emping, rendang, ayam, kentang, sayur kemangi dan selada, serta sayur kacang panjang+tempe) ha.ha memang paket lengkap dah pokoknya.

Gak terasa waktu bergulir begitu cepat dan jam pelatihan hari ini pun berakhir, karena sudah melaksanakan ibadah shalat ashar sebelumnya, gue pun langsung menuju ke pelataran parkir kendaraan gue, karena gue ontime keluar jam 5 dari gedung KOMPAS, gue pun gak ngerasain penderitaan macet di jalan yang tadinya sudah gue perkirain, sykurlah. Dan gue sampai di rumah sekitar pukul 7, karena waktunya belum habis gue lagsung sambung kegiatan gue dengan melaksanakan shalat maghrib. Selepas shalat isya’ sekitar jam 9 gue tertidur lelap karena lelah menerima banyak pengetahuan pada hari itu. The end…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Namanya Firman Faqih Nosa © 2008. Design By: SkinCorner